Berita Terkini

Spanduk Dukungan Terhadap Pasangan Cabup berpotensi Memecah belah Punguan Marga

Ketua LSM-BBH Lipan-RI Dairi,
 Kamiluddin Maha, BBA,(21/8) Foto robs
Sidikalang, Maraknya spanduk dukungan terhadap salah satu pasangan cabup dan cawabup Dairi, oleh sejumlah oknum dengan mengatasnamakan punguan marga, ataupun etnis, berpotensi memecah belah punguan atau perkumpulan marga, maupun etnis itu sendiri.

Hal itu disampaikan oleh sejumlah kalangan yang ada di Kabupaten Dairi, mengingat akhir-akhir ini keberadaan sejumlah spanduk yang ada di sepanjang jalan di kota Sidikalang, maupun disejumlah jalan masuk kecamatan itu, membuat warga kebigungan, karena dinilai pro-kontra.

Seperti halnya dengan keberadaan sejumlah spanduk yang ada di sepanjang jalan Sisingamangaraja, hingga jalan Ahmad Yani Sidikalang. Salah satu spanduk bertuliskan”Etnis Simalungun se-Kabupaten Dairi menudukung dan siap memenangkan pasangan Join-Pas”.

Namun tidak jauh dari lokasi spanduk dimaksud, juga terbentang spanduk lain dan juga mengatasnamakan Etnis yang sama dengan tulisan yang bertolak belakang yakni “Pada pilkada Dairi, Etnis Simalungun bersikap netral dan Independen”.

Demikian juga dengan keberadaan salah satu spanduk dengan  mengatasnamakan Punguan Siregar-Nainggolan dengan tulisan “Keluarga besar Siregar-Nainggolan se-Kabupaten Dairi sahabat Join-Pas, dan siap memenangkan”.

Akan tetapi di lokasi yang berdekatan juga terpampang spanduk lain, yang juga mengatas namakan marga yang sama yang dinilai bertolak belakang yakni, “Pada Pemilukada Dairi, Keluarga besar  Nainggolan-Siregar se-Kabupaten Dairi bersikap netral”.

“Melihat maraknya spanduk dukungan terhadap salahsatu pasangan cabup dan cawabup, dengan mengatasnamakan kelompok marga ataupun etnis, sangat berpotensi memecah belah kelompok maupun punguan”, ungkap salah seorang pemerhati Dairi, Kamiluddin Maha, BBA, kepada TIM di Sidikalang, usai memimpin rapat koordinasi Lembaga Investigasi Penyelamat Asset Negara (Lipan-Ri) Kabupaten Dairi, Rabu (21/8).

Menurut Kamiluddin, spanduk dukungan yang dibuat oleh sejumlah oknum pengurus marga atau etnis dimaksud, belum tentu didukung oleh seluruh anggota punguan (Kelompok-red), terbukti dengan munculnya sejumlah spanduk dari kelompok marga atau punguan yang sama, dengan pernyataan sikap yang bertolak belakang.
Untuk  itu Kamiluddin menghimbau, agar pada pemilukada mendatang, masyarakat Dairi menjadi pemilih yang cerdas, dan jangan terpengaruh dengan keberadaan sejumlah spanduk yang dinilai dapat menimbulkan perpecahan pada kelompok marga maupun kelompok masyarakat lainnya.

“Terkait dengan keberadaan sejumlah spanduk dukungan yang saat ini marak di Dairi, kami menghimbau masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas, dan jangan mau terpengaruh, demi kekondusifan Dairi yang kita cintai ini, khusunya menjelang pemilukada mendatang”, imbuh Kamiluddin.  ROBS

Berita Terkait:



SHARE BERITA:


Alamat: Jl. Tiga Lingga No. 34 Km 6, Dairi, Sumatera Utara Kontak : 6285360048678, 6288261852757 Email : maha_lipan@yahoo.co.id, maha.lipan@gmail.com.

Hak cipta @ 2009-2014 MAHALIPAN Dilindungi Undang-undang | Designed by Mahalipan | Support by Templateism.com | Power by Blogger

Theme images by Gaussian_Blur. Powered by Blogger.