Berita Terkini

KPU Dairi Tetapkan Nomor Urut Pasangan Cabup dan Cawabup Kabupaten Dairi.

Ketua KPU Dairi Tidak Bersedia Menerima Interupsi 

Berikan Penjelasan : Kapolres Dairi, bersama Dandim 0206 Dairi, sempat memberikan penjelasan kepada, tim pemenangan pasangan calon Luhutma Donganta, yang tidak puas atas jawaban ketua KPU Dairi yang tidak menerima interupsi, Kamis (15/8), foto ROBS
Sidikalang, Melalui Rapat pleno terbuka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi, menetapkan nomor urut empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati peserta pemilu kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Dairi, yang akan berlangsung pada 10 Oktober 2013 mendatang, Kamis (15/8).

Rapat pleno terbuka yang berlangsung di Gedung Bale Karina Sidikalang itu, dipimpin Ketua KPU Dairi, Veriato Sitohang, didampingi 4 orang komisioner KPU lainnya, Asal Padang, Tambar Malum Sagala, Surung Simanjuntak, dan H.Sudiarman Manik.
Foto Bersama : Empat Pasangan Cabup-Cawabup Dairi periode 2014-2019, Foto bersama usai pencabutan nomor urut di Bale Karina, Kamis (15/8) Foto ROBS
Penentuan nomor urut pasangan calon dilakukan melalui Pengundian nomor urut yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon, yang sebelumnya telah ditetapkan menjadi pasangan peserta pemilukada Dairi oleh pihak penyelenggara pemilukada dimaksud.

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut tersebut, pasangan nomor urut 1 yakni pasangan Johnny Sitohang-Irwansyah Pasi (Join Pas), nomor urut 2, pasangan Passiona Sihombing-Insanuddin Lingga, pasangan nomor urut 3, pasangan Parlemen Sinaga-Reinfil Capah, dan pasangan nomor urut 4, pasangan Luhut Matondang-Maradu Gading Lingga (Luhutma Donganta).

Penetapan nomor urut masing-masing pasangan cabup dan cawabup Dairi itu, tertuang dalam surat keputusan KPU Dairi nomor : 16/Kpts/KPU-Kab-002.434790/2013 tentang, penetapan nomor urut pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memenuhi syarat sebagai peserta dalam pemilukada Dairi tahun 2013.

Selain diikuti seluruh pasangan calon dan tim sukses dari masing-masing pasangan, Rapat pleno terbuka yang dikawal ketat sejumlah Personil Kepolisian itu, juga dihadiri Kapolres Dairi, AKBP Enggar Pareanom, Dandim 0206 Dairi, Letkol Inf. Syawal Fahmi Tambunan, Kajari Sidikalang, Pendi Sijabat, Ketua PN Sidikalang, Herry Suryawan, Sekda Dairi, Julius Gurning, dan Ketua DPRD Dairi, Delphi Masdiana Ujung.

Kapolres Dairi, Enggar Pareanom dalam sambutannya mengingatkan, agar seluruh peserta Pemilukada, termasuk para pendukung masing-masing pasangan calon, untuk selalu bersama-sama menjaga Kamtibmas, dan kekondusifan Dairi, terutama menjelang pesta demokrasi pemilukada, dengan menjaga dan meningkatkan silaturahmi, demi persatuan dan kesatuan masyarakat Dairi.

Sementara itu, Dandim 0206/D, Letkol Inf. Syawal Fahmi mengatakan, bahwa Pemilukada adalah ibarat permainan sepak bola. “Pesta demokrasi pemilukada adalah ibarat permainan sepak bola, ada penyelenggara, pemain, wasit dan juga penonton. Demikian juga pemilukada, ada penyelenggara yakni KPU, ada wasit atau pengawas (panwas-red), ada pemain yakni pasangan calon yang akan berkompetisi, dan ada penonton, dan apabila ada pasangan calon yang kurang puas atas keputusan yang dibuat oleh pihak KPU, silahkan adukan kepada panwas, untuk dapat ditindaklanjuti”, kata Fahmi.

Hal itu disampaikan Dandim 0206 Dairi itu, mengingat pada saat berlangsungnya rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Dairi itu, sempat terjadi keributan kecil, antara pihak KPU Dairi, dengan dua orang tim pemenangan dari dua pasangan calon yakni, Fisher Agus Simamora dari Tim Parlemen, dan Aseng Sihombing, dari Tim Luhutma Donganta.

Pasalnya, sebelum dilakukan pencabutan nomor urut pasangan calon, Fisher meminta Interupsi, namun pihak KPU menghiraukannya, bahkan beberapa kali diajukan iterupsi, Ketua KPU selalu menolak seraya menegaskan, bahwa pada rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon, pihak KPU tidak menerima Interupsi, dan hal itu sempat membuat rapat pleno sempat dihentikan sesaat, bahkan ketua KPU sempat meminta agar pihak kepolisian untuk mengusir tim pasangan calon yang melakukan interupsi.  robs

Berita terkait:

Hak cipta @ 2009-2014 MAHALIPAN Dilindungi Undang-undang | Designed by Mahalipan | Support by Templateism.com | Power by Blogger

Alamat: Jl. Tiga Lingga No. 34 Km 6, Dairi, Sumatera Utara Kontak : 6285360048678, 6288261852757 Email : maha_lipan@yahoo.co.id, maha.lipan@gmail.com.

Template images by Bim. Powered by Blogger.