Lukisan dan Ukiran Asli Suku Dayak

Bagikan :

Makna lukisan dan ukiran Dayak ialah kiasan dari lingkungan sekitar.
Hampir lima tahun sudah saya bergelut menelusuri pedalaman-pedalaman bumi Kalimantan atau banyak orang menyebut dengan sebutan Borneo.
Di Balai adat, biasanya seluruh bagian bangunan pasti di isi dengan berbagai ukir-ukiran dan lukisan. Cat yang berwarna-warni, lukisan manusia, dan lukisan burung bangau. Contohnya bisa dilihat pada foto-foto dibawah ini.





Mungkin diantara kita akan bingung. Memaknai lukisan-lukisan tersebut. Sesungguhnya motif-motif seperti itu ialah kiasan dari lingkungan sekitar. Dimana hidup seorang dari suku dayak yang selalu berdekatan dan berinteraksi langsung dengan alam sekitar. Kehidupan suku dayak, dalam kesehariannya ( yang ada di pedalaman ) dalam memenuhi kebutuhan semua bergantung kepada alam. Di mulai dari kegiatan berladang atau bertani, berburu, hingga memanfaatkan hasil hutan yang lain utuk di jual. Seperti halnya kayu gaharu yang satu kg nya bisa mencapai puluhan juta dan sarang burung wallet.
Dari sini dapat kita simpulkan, dimana Indonesia terdiri dari ribuan suku dan setiap suku mempunyai cirri khas masing-masing. Baik budayanya, adat istiadat, bahkan hasil karya seni bisa juga menjadi ciri khas suku tertentu.(Vivanews)

Comments
0 Comments

Artikel Lainnya